Referensi Rakit PC Gaming Second – Spek Mewah Tanpa Mahal!

Referensi Rakit PC Gaming Second - Spek Mewah Tanpa Mahal!
Referensi Rakit PC Gaming Second - Spek Mewah Tanpa Mahal!
Referensi Rakit PC Gaming Second - Spek Mewah Tanpa Mahal!

Sebetulnya telah lama Mimin ingin mempunyai sebuah PC (Desktop PC). Khususnya ingin membuat sendiri dimulai dari 0. Terkadang kan ada yang jual PC rakitan telah maka telah terpasang di casing, jadi membeli tinggal gunakan.

Nach, jika Mimin ingin membuat sendiri mulai dari sejak awalnya, jadi ada pengalaman/ evaluasi tertentu, ada seni tertentu . Maka, jika ingin PC rakitan sendiri tentu saja harus beli part PC secara ngecer (satu satu). Nach, disini yang terkadang terjadi masalah untuk Mimin saat beli part PC.

Dengan semakin bermacamnya tipe permainan game sekarang ini, komputer dengan detail khusus diperlukan supaya permainan bisa dimainkan lebih gampang. Apa lagi untuk permainan dengan kemampuan grafis dan penyimpanan yang tinggi, tiap gamer pasti ingin memainkan tanpa lag.

Untuk menangani permasalahan itu, ada dua opsi yang dapat dilaksanakan oleh gamer, pertama mereka membuat PC sendiri, dan langkah ke-2 pilih satu set PC buat mereka yang ingin ringkas. Membuat PC sendiri tidak dapat dilaksanakan secara mudah, karena terkadang part yang dicari mempunyai harga yang lumayan tinggi.

Karenanya, sebagai jalan keluar ada set PC Gaming yang dibikin khusus untuk mainkan game dengan kemampuan tinggi. Ini dapat jadikan point plus karena Sobat tak perlu membuat PC sendiri, lebih irit waktu, bujet yang lebih dapat dijangkau, dan pemain tidak kebingungan pilih mana sisi PC yang mana harus ditukar.

Untuk Sobat yang berminat untuk beli PC set, berikut beragam info penting yang seharusnya dijumpai. Dengan demikian, Sobat dapat pilih PC yang pas sesuai keperluan dan bujet yang sudah disiapkan.

 

Rakit PC Gaming Part Baru

Dengan part yang baru gress, dianjurkan mengambil yang AMD. Jika PC second mah banyak yang jual di sini, tetapi Mimin kan maunya yang gress. Dan tidak dapat disangkal memang nilai jual part AMD ini tambah murah dibanding part Intel.

Jika mengambil yang rakitan Intel umumnya dapatnya yang second. Sesudah Mimin ngubek ubek online shop cari harga yang termurah, Mimin peroleh part PC sebagai berikut.

  • Processor AMD A4-6300 dual core Box dengan harga 400.000
  • Motherboard MAXSUN MS-A68GL+ M.2 (FM2+, A68, DDR3, VGA+DVI) dengan harga 600.000
  • Hardisk 320GB dengan harga 250.000
  • RAM DDR3 2x2GB dengan harga 400.000
  • Casing PC Molucca Pro Gamer + PSU 450watt dengan harga 325.000

Argumen khusus mengapa Mimin pilih part part di atas ialah pada harga saja yang tambah murah. Oke, banyak yang menjelaskan, “tidak boleh beli part part PC murahan, umumnya tidak kuat lama”. Ini kali Mimin acuhkan dahulu sementara nasihat itu, Mimin ingin mengetesnya coba part murah, karena memang bujet yang tipis.

Dari part PC di atas, cuma casing PC saja yang Mimin membeli off-line atau beli ke toko Balikpapan, karena bila dihitung kalkulasi dengan biaya kirim harga lebih kurang saja jika beli ke toko off-line. Dan, untuk casing PC ini jika disaksikan di online shop harga tambah murah sekitaran 250 ribu atau 275 ribu.

Maka jika ditotal pengeluaran untuk part di atas jadi 1.975.000. Nettonya sich tidaklah sampai 2 jutaan, tetapi brutonya gan, jika Sobat ingin membeli part PC lewat cara online pasti harus menimbang biaya kirim, jadi jika bujet hanya dua juta, tidak boleh membeli part yang ngepas dua juta.

Referensi Rakit PC Gaming Second – Spek Mewah Tanpa Mahal!

Berikut beberapa part yang bisa dijadikan referensi untuk merakit PC Gaming Second :

1. Processor AMD A4-6300 dual core

1. Processor AMD A4-6300 dual core
1. Processor AMD A4-6300 dual core

Mengapa Mimin tentukan processor AMD A4-6300? Jawabnya tentu karena harga terjangkau. Penghitungan Mimin sich dengan bujet yang kurang itu diupayakan tak perlu beli part VGA. Nach jalan keluarnya ialah mencari processor yang telah terintegrated dengan VGA (IGP).

Nach AMD A4-6300 ini telah ada IGP nya Radeon HD8370D, cukup oke lah jika hanya buat game game enteng.

 

2. Motherboard MAXSUN MS-A68GL+ M.2

2. Motherboard MAXSUN MS-A68GL+ M.2
2. Motherboard MAXSUN MS-A68GL+ M.2

Bila Mimin mencarinya di online shop, mobo FM2/ FM2+ yang termurah ini. Maxsun ini produk baru yang dari Tiongkok sana. Sedikit yang mencoba sich dan sedikit ulasan mengenai motherboard Maxsun ini. Tetapi Mimin coba dahulu lah mumpung murah.

Motherboard mode ini tidak ada port HDMI dan USB 3.0, tetapi ada socket USB 3.0. Tinggal membeli saja part front panel USB 3.0. Dalam paket pemasaran mobo ini diikutkan kabel sata dan cover casing belakang.

 

3. Hardisk 320GB

3. Hardisk 320GB
3. Hardisk 320GB

Untuk hardisk ini Mimin membeli second/ sisa masalahnya yang baru dengan kemampuan itu kelihatannya tidak ada, kalaulah ada peluang itu refurbished. Dengan bujet dua juta cocok tida kemungkinan memperoleh hardisk dengan kemampuan semakin besar, contoh 500GB masalahnya harga di range 500 beberapa ribu atau jika yang baru dapat 600 beberapa ribu, kelak over bujet.

 

4. RAM Patriot DDR3 2x2GB

4. RAM Patriot DDR3 2x2GB
4. RAM Patriot DDR3 2x2GB

Untuk RAM ini Mimin cari yang murah. Mimin kurang tahu ini RAM KW/ OEM ataulah bukan, yang terang murah. RAM Patriot ini Mimin peroleh pada harga 200 beberapa ribu dikali 2 jadi keseluruhan 400 ribu. Juga bisa Sobat memakai RAM 2GB saja, tetapi karena processor AMD A4-6300 memakai IGP yang automatis akan ambil memori fisik (RAM) sebagai memori VGA, bila Sobat memakai RAM hanya 2GB saja karena itu yang masih ada tinggal 1,5GB.

 

5. Casing Molucca Pro Gamer + PSU 450 watt

5. Casing Molucca Pro Gamer + PSU 450 watt
5. Casing Molucca Pro Gamer + PSU 450 watt

Part yang paling akhir ialah casing PC. Mimin pilih casing Molucca Pro Gamer karena yang berada di kota Mimin dan yang termurah hanya casing Molucca ini. Ada pula merek lain seperti Dazumba, Simbadda, hanya harga di atas 400 beberapa ribu.

Jika ingin mencari online sebetulnya banyak, hanya jika dihitung dengan biaya kirim jatuhnya ya di atas 400 beberapa ribu. Itu masih tetap tunggu barang sampai . Maka untuk saat ini, karena Mimin baru pertama kalinya build PC/ rakit PC sendiri jadi Mimin mengambil yang ada dahulu. Untuk next rakit kemungkinan Mimin akan cari yang lebih kece jika dapat semakin murah dibanding casing satu ini.

Oke, hanya hanya itu part yang diperlukan untuk rakit PC 2 jutaan ini, cukup sederhana tanpa VGA untuk mengirit bujet. Bila kelak Sobat ada rezeki kembali dapat Sobat membeli VGA agar ngegame dapat semakin lancar kembali. Untuk spesifikasi semacam ini bisa juga dipakai untuk bermain game, tetapi game game enteng saja. game online seumpama Poin Blank, Konter Strike, atau DOTA 2 masih tetap mampu digerakkan di AMD A4-6300 ini.

Untuk membuat PC ini sebetulnya Mimin telah ada pengalaman, masalahnya dahulu sempat mengurus warnet (milik rekan) sendirian, apa apa sendiri, rakit PC sendiri, baikin PC sendiri, dasarnya lelah dirasain sendiri (sharing). Nach, pengalaman dari mengurus warnet itu ada pengetahuan sedikit mengenai PC/ PC, apa lagi hanya bongkar-pasang.

Sesudah usai membuat PC tinggal dihidupin dan install OS terserah ingin Windows atau Linux. Jika Mimin sich karena telah terlatih memakai OS Windows di netbook Mimin jadi Mimin install Windows 10 pada PC rakitan dua juta ini.

Detail PC 2 jutaan AMD A4-6300 ini memang lumayan oke lah, minimal ya sesuai bujet. Bujet dua juta ingin bisa yang wah kan tidak mungkin. Ya beginilah, cukup buat digunakan buat internetan, searching, streaming, tugas blogging, main game enteng (Poin Blank, Konter Strike GO, DOTA2 masih angkat kok), dasarnya tidak boleh digunakan buat yang berat berat seperti ngerender video, atau main game HD nanti justru komputernya macet/ freeze/ hang.

Karena PC rakitan 2 jutaan ini dibuat dari part dengan harga terjangkau, karena itu ada harga ada kualitas juga. Kemungkinan, kemungkinan ya, kelak, karena PSU yang digunakan ialah PSU bawaan casing, yang kata orang sich tidak baik, kemungkinan satu ketika akan cepat hancur, tidak kuat untuk hidupkan PC, dan lain lain.

Tetapi Mimin anggap ya karena ni PC pun tidak gunakan VGA, cuma IGP saja, ya dapat lah bertahan berbulan bulan. Tetapi jika kelak Sobat punyai rezeki kembali, kemungkinan dari nabung, juga bisa buat membeli PSU yang telah dipercayai seperti merek Enermax, Super Flower, FSP, tetapi harga memang mahal di atas 500 beberapa ribu.

Satu kali lagi ada harga ada kualitas. Jika memang kepentingan rakit PC Sobat tidak menekan sebaiknya untuk menabung kembali, beli rakitan PC yang lebih baik spesifikasi nya, dan membeli part dari merek yang telah populer, agar tahan lama tentu saja.

Oke, demikian dahulu artikel dari Mimin ini Referensi Rakit PC Gaming Second – Spek Mewah Tanpa Mahal! Mudah-mudahan berguna untuk Sobat yang ngebet ingin punyai PC sendiri dengan bujet dua juta saja.

 

Sumber : Hapedut.com