Home » Rekomendasi Rakit PC Gaming 10 Juta 2023

Rekomendasi Rakit PC Gaming 10 Juta 2023

Rekomendasi Rakit PC Gaming 10 Juta 2023

Rekomendasi Rakit PC Gaming 10 Juta 2023

PC gaming ialah PC yang secara eksklusif untuk bermain game. Baik itu main gamenya yang berat atau ringan. Merakit PC gaming tidak seperti membuat PC untuk keperluan setiap hari.

PC gaming perlu GPU yang baik. Kurang cukup bila sekadar GPU bawaan processor. Tetapi, PC gaming rakitan tidak langsung harus dengan GPU yang mahal.

Penyeleksian GPU perlu sesuaikan part lain. Seperti sesuaikan processor. Maka dari itu, pilih part untuk set PC gaming tidak dapat sembarangan. Apa lagi bila cuma asal mahal.

Minimal, ada banyak bagian utama dalam merakit PC Gaming Budget 10 Jutaan.

Part PC Gaming

Part PC Gaming
Part PC Gaming

Beberapa bagian utama dalam PC gaming rakitan ialah GPU, processor, RAM, dan PSU. Tetapi, pada umumnya, part untuk membuat PC gaming sebagai berikut;

  1. Prosesor
  2. Motherboard atau Mobo
  3. GPU atau VGA
  4. RAM
  5. SSD atau HDD
  6. Power Suplai atau PSU
  7. Case
  8. Cooler Processor

PC gaming perlu perform yang imbang dan bagus dari semua part itu. Khususnya ialah GPU dan kesetimbangan di antara processor, GPU, motherboard, dan RAM.

Disamping itu, kualitas dan kemampuan power suplai atau PSU harus juga yang baik dan cukup. PSU yang betul-betul berkualitas umumnya sedikit mahal harga.

Rakit PC Gaming 10 Jutaan

Rakit PC Gaming 10 Jutaan
Rakit PC Gaming 10 Jutaan

Spek pc gaming 10 jutaan menggunakan processor i5-10400F, GPU 1650, dan SSD M.2 NVMe. Beberapa komponen untuk merakit PC Gaming 10 Jutaan ini lebih kurang ialah seperti berikut.

  1. Processor Intel Core i5-10400F
  2. GPU MSI GTX 1650 D6 GDDR6 XS
  3. Motherboard MSI B560M Pro
  4. RAM VenomRX 8GB 2666MHz
  5. SSD M.2 NVMe Clorful 250GB
  6. PSU MSI MAG A550VB
  7. Case MSI MAG Shield M300

Keseluruhan harga ialah Rp.10.245.000. Harga itu belum terhitung ongkos pengangkutan. Tetapi, semua komponennya ada semua di Toko Gasol Kaliurang, Malang.

Processor Intel Core i5-10400F sebagai opsi terbaik di gunakan untuk PC dengan bujet 10 juta. Ingat harga yang sekitar lebih kurang Rp.2.090.000 di Gasol Kaliurang Malang.

Processor Intel Core i5-10400F sebagai processor berlitografi 14nm, dengan TDP 65W. Mempunyai 6 core dan 12 threads. Base frequency 2,90 GHz dan optimal turbo frequency 4,30 GHz, solid state drive.

Langkah Membuat PC Gaming

Langkah Membuat PC Gaming
Langkah Membuat PC Gaming

Langkah membuat PC gaming pada intinya sama dengan membuat PC secara umum. Namun, ada satu part yang penting dalam PC gaming, yakni GPU.

PC gaming harus harus menggunakan GPU yang baik. Walau harga GPU misalkan sedang mahal atau perlu daya listrik yang lumayan banyak. PC gaming masih tetap perlu GPU yang baik.

Disamping itu, beberapa komponen PC gaming harus juga imbang. Supaya perform masing-masing part dapat bekerja optimal. Singkat saja, berikut langkah membuat PC gaming.

1. Kenali Spesifikasi Game

Langkah pertama saat ingin membuat PC gaming ialah kenali terlebih dahulu spesifikasi game tersebut. Perlu GPU yang seperti apakah, perlu RAM memiliki berapakah, dan processor yang seperti apakah.

Misalnya saat ingin membuat PC gaming untuk game PES 2021. Konami telah memberi detail PC yang seperti apakah supaya game PES 2021 dapat dimainkan secara lancar.

Menggunakan mekanisme operasi Windows 10, processor sekurang-kurangnya Intel Core i7-3770, dan dengan RAM yang memiliki 8GB. Untuk GPU sendiri konami menyarakan supaya menggunakan GPU GTX 760.

Tiap game mempunyai detail masing-masing. Maka dari itu, langkah pertama saat ingin membuat PC gaming ialah kenali terlebih dahulu detail PC yang baik untuk game tersebut.

2. Tetapkan GPU

Sesudah ketahui detail PC yang baik di gunakan untuk beberapa game tertentu, langkah membuat PC gaming yang setelah itu pilih GPU. Dapat GPU dari Nvidia, AMD, atau GPU Intel Arc.

Disamping itu, ada beberapa produsen GPU. Misalnya MSI, Asus, Zotac, dan lain-lain. Baca baik detail dari tiap-tiap GPU. Juga bisa dengan memperbandingkannya.

Apa GPU dengan seri yang serupa misalkan, rupanya mempunyai detail yang sedikit berlainan. GPU GTX 1650 dari MSI dengan GPU dengan seri yang serupa dari Asus atau Zotac.

Disamping itu, bandingkan harga. Yang mana tambah murah, apa kelemahan pada GPU itu dan kebalikannya. Yang mana tambah mahal, dan apa keunggulan pada GPU itu.

Produsen GPU yang cukup populer baik ialah MSI dan Asus. Tetapi, tidak berarti produsen GPU selainnya MSI dan Asus tidak bagus. Langkah terbaik dengan mengunjinya langsung.

3. Tetapkan Processor

Langkah membuat PC gaming yang setelah itu pilih atau tentukan processor atau CPU. Dapat mamakai processor dari Intel atau processor dari AMD. Ke-2 nya sama bagus.

Lihat jumlah core dan threads, mekanisme dan kecepatan memory, dan base clock saat pilih processor. Disamping itu, lihat apa processor telah memili iGPU atau mungkin tidak.

4. Tetapkan Motherboard

Langkah seterusnya saat membuat PC gaming ialah pilih motherboard. Yakinkan motherboard memberikan dukungan perform processor dan RAM supaya ke-2 nya dapat jalan optimal.

Lihat apa motherboard bisa menyeimbangi kecepatan dari processor dan RAM misalkan. Selainnya tentu saja soket dan beberapa hal tehnis yang lain juga memberikan dukungan.

Beberapa motherboard yang lumayan baik untuk sebuah PC gaming ialah motherboard dengan chipset B560 atau B550. Lebih bagus kembali motherboard dengan chipset Z590 atau Z570.

Makin mahal motherboard umumnya akan mempunyai makin bertambah feature . Maka tidak boleh bingung walau dengan seri yang serupa (misalkan B560) ada yang harga tertaut lumayan jauh.

Dengan bujet di bawah 3 jutaan, beberapa motherboard yang lumayan bagus diantaranya Gigabyte Aorus B550 untuk AMD dengan LGA AM4 dan MSI B560 Torpedo untuk Intel LGA 1200.

5. Tetapkan RAM

Sesudah pilih GPU, prosesos, dan motherboard, langkah seterusnya saat ingin membuat PC gaming ialah pilih RAM. Yakinkan kemampuan RAM sesuai detail game.

Disamping itu, yakinkan kecepatan RAM sesuai kecepatan processor dan motherboard. Ke-3 part itu perlu sama-sama memberikan dukungan atau dukungan keduanya supaya PC optimal.

Tidak boleh misalkan, menggunakan processor dengan kecepatan memory 3200 MHz untuk menyimpan yang oke, tetapi justru pilih RAM dengan kecepatan 2666 MHz. Bila demikian perform PC tidak bisa optimal.

Ada beberapa RAM yang dikenali lumayan bagus sampai sekarang ini. Satu diantaranya ialah RAM bikinan dari Corsair. Baik RAM Corsair Vengeance atau RAM Corsair Dominator misalkan.

RAM Corsair Vengeance dan RAM Corsair Dominator sendiri terbagi dalam beragam seri. Ada yang speednya 3200 MHz, ada yang 3600 MHz. Kuncinya, baca baik detailnya.

6. Tetapkan Power Supply

Langkah membuat PC gaming yang setelah itu pilih power suplai atau PSU yang akurat. Sekurang-kurangnya pas dari sisi kemampuan. Tentukan PSU dengan kemampuan sesuai yang dianjurkan.

Salah satunya part yang perlu dalam semua PC rakitan ialah PSU. Walau dengan bujet yang kurang, upayakan masih tetap menggunakan PSU yang betul-betul berkualitas baik.

Keluarkan bujet lebih buat PSU ialah kewajiban. Tidak lain untuk keawetan dan keamaan PC tersebut. Dalam kata lain, makin bagus PSU, akan makin aman PC racikan.

Ada tiga hal yang penting jadi perhatian saat memlih PSU, yakni kemampuan, efektivitas, dan periode lama garansi. Selainnya tentu saja merk, misalnya merek Corsair, Seasonic, atau FSP HV Pro.

Akan lebih bagus bila langsung menyaksikan ulasan masing-masing PSU. Ada beberapa ulasan-review PSU di Youtube oleh kalangan-kalangan tertentu. Seperti Gamers Nexus satu diantaranya.

7. Tetapkan Penyimpanan

Langkah membuat PC gaming yang paling akhir ialah tentukan penyimpanan yang pas juga. Ada dua opsi penyimpanan, yakni SSD atau HDD. Bila ingin loading cepat, tentukan saja SSD. Baik SSD sata atau M.2.

Sesudah pilih semua beberapa komponen itu, cara setelah itu baca baik buku manual motherboard. Bila perlu baca sampai berulang-kali supaya betul-betul memahami. Mulai rakit PC gaming dengan memasangkan processor ke motherboard.

Kemudian pasang RAM dan cooler processor. Apabila sudah, pasang motherboard ke case atau bisa menggunakan casing PC gaming murah cube gaming.

Baru pasang GPU, SSD, power suplai dan lain-lain. Hal yang perlu betul-betul jadi perhatian ialah saat memasangkan kabel PSU. Yakinkan kabel dipasang secara benar.

Ke-2 tipe SSD itu cukup cepat. Namun, dari sisi harga SSD lebih mahal dari HDD. Apa lagi SSD Samsung, harga kemungkinan dapat 2x lipat sendiri dari HDD.

FAQ :

Rakit PC 10 Juta Dapat Apa ?

Rakit pc harga 10 juta pada tahun 2021 ini kalian dapat memperoleh dengan detail Core 13 gen 10, 16 GB Ram, SSD 512 GB dan HDD 1 TB, tetapi untuk VGA nya optimal untuk Nvidia di Geforce 1050 Ti karena harga VGA belum turun.

Berapakah Harga PC Gaming ?

Kalian dapat rakit pc harga 10 juta dengan memakai AMD Ryzen 3 3100, ramnya 16 GB, penyimpanan SSD 512 GB dan HDD 1 TB, tetapi untuk VGA-nya untuk AMD seri RX550, prosesor amd ryzen 5, atau Radeon RX.

Bagaimanakah Cara Membuat PC ?

Baca dan dalami dari buku panduan yang kawan-kawan bisa saat beli part PC nya.

Berapa Harga PC Gaming 10 Juta?

Selanjutnya berlanjut ke part yang lain seperti motherboard, rakit pc gaming 10 juta ini kita menggunakan Asrock B450 Pro 4 pada harga cukup murah di Rp.1.327.000. Lantas untuk ramnya kita memakai Tim Ellite 2x4GB DDR4 2666 Mhz dengan harga terjangkau tidak sampai 1 juta yakni Rp.699.000.

Apakah PC Gaming 10 Jutaan Murah Harus Memperhatikan Graphics Card?

Membuat PC gaming 10 jutaan murah harus memerhatikan di bagian graphics card karena ini sisi terutamanya sesudah processor. Jika processor bagus tidak memperoleh kartu grafis yang baik ya perform gamingnya lemah.

Berapa Kapasitas RAM Laptop Gaming 10 Jutaan?

Untuk RAM kita akan memperoleh kemampuan RAM team t force sejumlah 8 GB. PC gaming 10 jutaan ini punyai design yang ramping dan tipis, hingga beratnya termasuk cukuplah enteng jika dibanding dengan netbook gaming yang lain yaitu cuma sekitaran 2,56 Kg.

 

Sumber: Hapedut.com