Home » Kekurangan & Kelebihan Layar PLS TFT Terbaru dan Terlengkap

Kekurangan & Kelebihan Layar PLS TFT Terbaru dan Terlengkap

Kekurangan & Kelebihan Layar PLS TFT

Semakin berkembangnya zaman, segala sesuatu hal tentu saja mengalami perubahan. Seperti perubahan yang terjadi pada bidang teknologi. Seiring perkembangan teknologi, gadget pun sudah menjadi kebutuhan primer yang banyak dibutuhkan oleh masyarakat di dunia.

Jika kamu gemar berganti-ganti smartphone, kemungkinan besar akan merasakan kualitas tampilan layar yang berbeda-beda. Hal ini dikarenakan jenis panel yang digunakan pada smartphone atau tablet memang cukup beragam. Salah satu jenis panel tersebut adalah PLS TFT.

Pengertian Layar PLS TFT

Kekurangan & Kelebihan Layar PLS TFT

PLS (Plane to Line switching) adalah salah satu teknologi layar smartphone yang diproduksi oleh samsung. Teknolgi layar ini memiliki tujuan untuk memberikan kecerahan yang lebih baik, sudut pandang juga menjadi lebih baik,serta kualitas gambar juga akan semakin baik meskipun pada harga yang terjangkau.

Gadget yang memiliki teknologi TFT memiliki kualitas yang sanagat bervariasi sesuai dengan harga pasarannya. Smartphone yang memiliki harga yang murah biasanya memiliki sudut pandang LCD yang sempit, sebaliknya dengan smartphone yang mahal, biasanya memiliki kualitas yang baik dan sudut pandang yang luas.

Kekurangan dan Kelebihan Layar PLS TFT

Salah satu fitur yang diunggulkan gadget adalah layar yang canggih seperti layar PLS TFT.
Apa saja kelebihan dan kekurangan layar PLS TFT tersebut? Nah, berikut penjelasannya.

Kekurangan layar PLS TFT

Kekurangan & Kelebihan Layar PLS TFT

1. Tidak dapat Memindai Sidik Jari (fingerprint)

Ponsel yang menggunakan Layar PLS TFT tidak dapat mendukung sensor pemindai sidik jari. Hanya panel layar OLED yang bisa mendukung sensor di dalam layar, atau yang biasa disebut under-display fingerprint scanner.

Hal ini dikarenakan kalau layar OLED tidak membutuhkan tambahan sumber cahaya untuk menampilkan isi layar.

2. Memiliki Pilihan Warna yang Terbatas

Layar PLS TFT hanya memiliki sedikit pilihan warna untuk penggunanya. Warna yang disediakan juga masih teralu gelap dan kurang terang.

3. Menggunakan Konsumsi Daya yang Lebih Besar

Ponsel yang menggunakan panel PLS TFT cenderung lebih boros baterai. Alasannya karena PLS TFT tidak dapat mengeluarkan cahaya yang cukup tanpa bantuan LED.

Pada saat kita melihat warna hitam di layar, lampu LED akan tetap menyala. Hal ini yang membuat konsumsi pengunaan nya menjadi lebih boros.

Kelebihan layar PLS TFT

Kekurangan & Kelebihan Layar PLS TFT

1.Memiliki Tingkat Kecerahan yang lebih tinggi

PLS TFT sanggup menghadirkan kecerahan layar yang lebih tinggi dibandingkan IPS LCD. Hal ini diketahui kalau Samsung mengklaim bahwa panel PLS TFT memiliki peningkatan 10% dari sisi kecerahan layar dibandingkan IPS LCD.

Kecerahan layar PLS TFT yang terbaik membuat nya lebih jelas terbaca jika terkena pantulan dari sinar matahari.

2. Sudut Penglihatan Lebih Luas

Panel layar PLS TFT ini memiliki sudut pandang keluasan hingga 178 derajat. Hal ini akan membuat kamu lebih nyaman ketika melakukan aktivitas seperti menonton film.

Layar tetap akan menampilkan konten dengan baik meski dilihat dari pinggir. Inilah salah satu kelebihan dari panel layar PLS TFT.

3. PLS TFT Merupakan Produk Asli Dari Samsung

Pada akhir tahun 2010, Samsung Electronic memperkenalkan teknologi layar yang disebut Super PLS (Plane-to-Line Switching).
Yang bertujuan untuk menghadirkan pilihan alternatif di tengah kegandrungan produsen dalam menerapkan teknologi IPS yang diproduksi oleh LG Display.

Kelebihan PLS-TFT antara lain peningkatan sudut penglihatan, kecerahan meningkat 10%, ongkos produksi jauh lebih terjangkau, kualitas gambar lebih baik, serta panel yang lebih fleksibel. Karena ini merupakan produk asli Samsung, sudah sewajarnya jika digunakan pada HP Samsung yang harganya masih sangat terjangkau.

4. Kualitas Gambar Menjadi Lebih Baik

Karena kontras kecerahannya meningkat,  otomatis kualitas gambar yang dihasilkan juga jauh lebih baik. Selain itu warna yang dihasilkan dari layar tersebut juga jauh lebih menarik jika dibandingkan dengan teknologi layar.

Sehingga meskipun kamu membeli ponsel dengan harga yang murah, tetapi kualitas gambar yang dihasilkan oleh layar PLS TFT tetap saja memuaskan. Jadi bisa dibilang, kamu mendapatkan harga yang murah tapi kualitas ponsel yang diberikan tetap tidak murahan.

Itulah pembahasan mengenai kelebihan dan kekurangan Layar PLS-TFT. Semoga artikel ini bermanfaat untuk kamu yang sedang mencari informasi mengenai Layar PLS- TFT