Home » Kekurangan & Kelebihan iPhone Terbaru dan terlengkap

Kekurangan & Kelebihan iPhone Terbaru dan terlengkap

iPhone adalah ponsel besutan pabrik raksasa Apple yang dilucurkan pertama kali oleh Steve Jobs pada awal tahun 2007 silam.

Iphone juga merupakan cikal bakal dari smartphone. Pada saat itu, Iphone adalah ponsel yang mengusung layar full touch screen untuk pertama kalinya. Sejak saat itu, perkembangan smartphone semakin maju dan berkembang.
sampai saat ini iPhone adalah salah satu merk hp terbaik di dunia. Umumnya produk ditawarkan memiliki harga yang relatif mahal. Di pasaran, iPhone seri terbaru dibanderol dengan harga sekitar Rp 20 jutaan. Namun, seri yang keluar beberapa tahun masih laris dan banyak penggunanya.

Dengan begitu loyalnya pengguna Iphone di dunia, apa saja sih kekurangan dan kelebihan Iphone? Yuk simak artikel dibawah ini.
Kekurangan dan Kelebihan Iphone
Menurut data yang diterbitkan oleh Statcounter GlobalStats, iPhone akan menjadi smartphone pertama dengan pangsa pasar terbesar di tahun 2022.

Sebagai ponsel yang bisa mengangkat derajat sang penggunanya, selain memiliki kelebihan iPhone juga memiliki kekurangan. Pada kesempatan ini kami akan menjelaskan kekurangan dan kelebihan iphone

Kekurangan iPhone

Kekurangan dan Kelebihan iPhone

1. Harganya Mahal

iPhone memang punya segmen khusus, yaitu kelas menengah ke atas. Hp iPhone juga tergolong kelas flagship, jadi performa dan kualitasnya sebanding dengan harga yang ditawarkan.

Kualitas produk yang tinggi membuatnya layak jadi hp termahal di dunia. Apalagi spesifikasi iPhone tertinggi dan terbaru kerap dijual di atas Rp 20 juta. iPhone memberikan gengsi sendiri pada pemiliknya. Menggunakan iPhone bisa bikin penggunanya lebih percaya diri.

Harga yang mahal juga adalah upaya Apple untuk menjaga brand image produk agar tetap di kelas premium. Sehingga orang yang menggunakan iPhone akan merasa bangga. Selain itu, harga yang mahal membuat tidak banyak orang bisa memilikinya. Sehingga kesan eksklusif produk tetap terjaga.

2. Tampilan User Interface Tidak Bisa di Kostuminasi

Tampilan antarmuka iOS tidak bisa dikustomisasi sehingga cenderung monoton. Pengguna iPhone tidak bisa bebas mengutak atik tampilan UI seperti Android. Misalnya, Pins tidak bisa membuat tampilan Home Screen kosong dari ikon menu aplikasi. Selain itu, pilihan widget juga terbatas dan tidak banyak Theme tambahan yang bisa diinstal.

Buat sebagian orang, apalagi pecinta iPhone pasti tidak mempermasalahkan kekurangan iPhone ini. Namun untuk pengguna yang terbiasa dengan Android, tampilan iPhone terasa sangat membosankan. Apalagi juga sudah terlalu lama menggunakannya.

3. Tidak Bisa Menggunakan Kartu Memori

iPhone dibuat dengan memori internal yang sebenarnya beragam, semakin besar memorinya semakin tinggi pula harganya. Jika membeli iPhone dengan memori yang kecil, maka akan sulit untuk menyimpan banyak dokumen. Pilihannya, antara pengguna harus rela menghapus beberapa dokumen atau mentransfernya secara berkala ke drive lain seperti komputer.

Solusinya adalah pengguna iPhone bisa memakai iCloud dengan memori yang lebih besar untuk menyimpan dokumen. Hal ini memang praktis namun menambah biaya lagi karena pengguna harus berlangganan iCloud tiap bulannya.

4. Kapasitas Baterai Kecil

Kekurangan iPhone tidak mengalami banyak perubahan adalah kapasitas baterainya. Misalnya, tipe iPhone terbaru yaitu iPhone 13 Pro punya kapasitas baterai 3095 mAh, jauh lebih kecil dibanding rata-rata baterai hp Android yang sebesar 5000 mAh. Kapasitasnya tidak mengalami banyak peningkatan.

Bayangkan, iPhone 11 Pro punya kapasitas baterai 3046 mAh, tambahan kapasitasnya tidak berbeda jauh dari 2 seri sebelumnya. Kemampuan Fast Charging juga hanya 23W saja. Sementara itu, hp Android sudah dibekali fitur Fast Charging 67W.

5. Aplikasi yang Jauh Lebih Sedikit Daripada Android

Sebelumnya, salah satu kelebihan iPhone yang mana aplikasi yang ditawarkan dibatasi ternyata juga seperti mata koin. Walaupun memiliki kelebihan, hal ini juga memiliki kekurangan.

Banyak aplikasi menarik yang mungkin memudahkan kerja kamu yang nggak kamu temukan di iPhone yang ternyata pada Android.

Kelebihan iPhone

Kekurangan dan Kelebihan iPhone

1. Kualitas Kamera Terbaik

Salah satu keunggulan iPhone yang pertama adalah kameranya. Kualitas gambar dan video selalu menjadi perhatian dengan setiap seri iPhone baru. Apple selalu memperhatikan kamera. Selain hardware canggih, kamera iPhone juga didukung fitur tambahan yang inovatif.

Meski tidak mengandalkan resolusi tinggi, kamera iPhone memiliki kualitas yang sama dengan ponsel Android beresolusi tinggi. Hasil foto dan video sangat cocok untuk dibagikan di media sosial. Kualitasnya tajam dan low light cukup bagus. Kestabilan kamera saat merekam video juga stabil, sehingga terlihat seperti diambil dengan kamera profesional.

2. Build Quality-nya Bagus

Keunggulan iPhone yang paling utama adalah punya kualitas tinggi. Setiap produk dibuat dengan standar kualitas tinggi sehingga jarang ditemukan cacat produk. Selain itu, tampilan produknya terlihat premium dan ikonik sehingga mudah dikenali banyak orang.

Tidak hanya itu, pengemasan produk mulai dari aksesoris dan dus sangat terasa kesan premiumnya. Tidak heran harga iPhone cukup mahal karena diperlukan biaya yang besar untuk menjaga kualitas produk. Selain itu, seri baru dikeluarkan setiap setahun sekali untuk menjaga kesan eksklusifnya.

3. Performa yang Kencang

Chipset Apple Bionic yang digunakan di iPhone memiliki performa yang sangat cepat. Performanya setidaknya merupakan chipset tercepat yang digunakan oleh Android. Misalnya, kinerja chipset Apple A15 Bionic di iPhone 13 Pro Max setara dengan ponsel gaming Android tercepat, Red Magic 6 Snapdragon 888.

Selain dukungan chipset cepat, iPhone juga memiliki operasi iOS yang sangat lancar sistem. Kombinasi chipset, RAM, perangkat keras, dan iOS memastikan kinerja yang lancar. Performa iPhone yang berlebihan terbukti dan bisa digunakan bertahun-tahun dan tetap stabil.

4. IOS Selalu Up to Date

Dukungan sistem operasi yang terus menerus hingga bertahun-tahun merupakan kelebihan iPhone. Melalui update sistem operasi iOS ini, pengguna lama tetap bisa menikmati fitur baru dan keamanan lebih baik. Apple memang rutin menggulirkan update bukan hanya ke tipe iPhone terbaru, namun juga iPhone seri lawas.

iOS juga merupakan sistem operasi yang paling aman dan stabil. Sistem operasi ini hanya digunakan iPhone, jadi lebih eksklusif. Celah keamanan iOS selalu diperbaiki secara rutin oleh Apple. Oleh karena itu, iPhone banyak digunakan oleh segmen kelas menengah atas yang membutuhkan hp yang aman untuk bisnis.

5. Adanya Fitur Siri

Kekurangan dan Kelebihan iPhone

Salah satu kelebihan iPhone dibanding hp lain yang cukup dikenal banyak khalayak ramai adalah fitur Siri. Fitur ini memungkinkan penggunanya untuk memerintahkan untuk mencari informasi tertentu.

Di samping itu, Siri didesain untuk mendeteksi suara perintah. Sebenarnya Google sudah menciptakan teknologi ini, namun Apple sudah menawarkan teknologi ini lebih dulu populer.

6. Pelayanan yang Sigap dan Terbaik

Hal ini juga mengapa banyak pengguna yang lebih memilih iPhone karena selalu siap untuk menangani keluhan kamu dan menawarkan solusi yang terjadi pada iPhone kamu.

Selain itu, karena iPhone produk yang eksklusif kamu bisa mendatangi store iPhone mana saja ketika terjadi masalah, berbeda dengan Android yang mana kamu harus mengunjungi service center sesuai dengan merk hp Android yang kamu gunakan.

Itulah kelebihan iPhone berserta dengan kekurangannya. Nah sekarang tinggal kamu yang menentukan ingin pindah ke iPhone atau nggak.