Home » Kekurangan dan Kelebihan Samsung Galaxy S22 yang Harus Kamu Tau

Kekurangan dan Kelebihan Samsung Galaxy S22 yang Harus Kamu Tau

Kekurangan dan Kelebihan Samsung Galaxy S22 yang Harus Kamu Tau

Samsung Galaxy S22 adalah versi yang paling mini dari Galaxy S22 Series tahun ini. Saat seri flagship yang satu ini diperkenalkan, Samsung Galaxy S22 menarik perhatian para pencari smartphone Android berukuran tidak terlalu besar seperti trend yang ada di segmennya. Ya, dengan ukuran layar 6.1 inci, ponsel yang satu ini tetap terlihat anggun karena dibekali dengan desain premium.

Di Indonesia Samsung Galaxy S22 dibandrol dengan harga mulai dari 11 jutaan, lebih murah dibandingkan dengan S22 Plus dan S22 Ultra. Lantas, apakah fitur dan spesifikasinya tidak jauh berbeda? Mari ulas lebih dalam mengenai kekurangan dan kelebihan Samsung Galaxy S22 agar kamu tidak salah pilih.

Spesifikasi Samsung Galaxy S22

Kekurangan dan Kelebihan Samsung Galaxy S22 yang Harus Kamu Tau

  • Layar: Dynamic AMOLED 2X 6.1 inci
  • Chipset: Qualcomm Snapdragon 8 Gen 1
  • RAM: 8 GB
  • Memori Internal: 128 GB, 256 GB
  • Kamera: 50 MP (wide) 10 MP (telephoto) 12 MP (ultrawide)
  • Baterai: Li-Ion 3700 mAh

Kekurangan Samsung Galaxy S22

Sebelum membahas kelebihannya, tentu saja belum lengkap tanpa mengungkapkan apa saja kekurangan dari Samsung Galaxy S22. Beberapa kekurangannya berikut patut kamu pertimbangkan kembali sebelum merogoh kocek untuk smartphone yang satu ini.

1. Baterai Lebih Kecil

Kekurangan dan Kelebihan Samsung Galaxy S22 yang Harus Kamu Tau

Mulai dari Galaxy S22, S22 Plus, hingga S22 Ultra, semuanya dibekali kapasitas daya yang berbeda sehingga pengguna Android bisa memilihnya sesuai preferensi. Namun masalah utamanya adalah Galaxy S22 mengemas baterai paling kecil karena ukirannya pun lebih mini. Dengan baterai 3.700 mAh, kalian tidak bisa mengharapkan masa pakai seharian penuh jika menggunakannya tanpa henti.

Ditambah lagi Samsung Galaxy S22 tidak seperti S22 Plus dan S22 Ultra yang didukung oleh fast charge 45W. Untuk mengisi ulang, Samsung Galaxy S22 hanya dibekali dukungan pengisi daya cepat 25W saja. Jika mobilitas kamu tidak terlalu padat, mungkin persoalan baterai ini bisa diabaikan.

2. Pilihan Penyimpanan Kurang Variatif

Salah satu faktor penentu ketika ingin membeli smartphone baru adalah kapasitas penyimpanan. Samsung Galaxy S22 tidak mempunya slot microSD sehingga kamu harus puas dengan kapasitas RAM 8 GB dan penyimpanan internal maksimalnya 256GB. Berbeda dengan seri S22 Ultra yang punya pilihan ROM hingga 512GB, Galaxy S22 hanya memberikan batas ROM 215GB saja.

Untuk menyimpan berbagai file di awal penggunaan, kapasitas tersebut tentu saja cukup besar. Namun di kemudian hari pengguna harus mencadangkan manual di penyimpanan virtual agar mendapatkan kapasitas lebih.

3. Tidak Memiliki Jack Headphone

Sebagaimana smartphone flagship terbaru, Samsung Galaxy S22 juga tidak menyertakan port yang disukai oleh banyak pengguna ini. Oleh sebab itu jika kamu tetap ingin mendengarkan audio melalui jack headphone, maka sediakan terlebih dahulu konektornya.

Kelebihan Samsung Galaxy S22

Secara sekilas, Samsung Galaxy S22 terlihat sama dengan pendahulunya Galaxy S21. agar tidak salah kaprah, ketahui kelebihan Samsung Galaxy S22 berikut ini.

1. Desain Premium dan Tangguh

Kekurangan dan Kelebihan Samsung Galaxy S22 yang Harus Kamu Tau

Samsung telah meninggalkan model body glasstic untuk perangkat high-end terbarunya. Galaxy S22 lebih tangguh dari sebelumnya karena telah ditingkatkan dengan bingkai Aluminium Armor Samsung untuk kekuatan yang lebih baik. Ponsel ini menggunakan panel datar Gorilla Glass Victur Plus di bagian depan dan belakang yang tentunya berkualitas lebih unggul.

Untuk tetap memastikan perangkat terlindungi dari kerusakan eksternal, Samsung Galaxy S22 dibekali dengan rating IP68 yang tidak asing lagi di antara flagship Samsung. Artinya Samsung Galaxy S22 juga bisa diajak menyelam di kedalaman 1.5m selama 30 menit tanpa rusak.

2. Layar Berkualitas

Kekurangan dan Kelebihan Samsung Galaxy S22 yang Harus Kamu Tau

Galaxy S22 menggunakan layar Dynamic AMOLED 2X Samsung berkualitas yang khas. Panel tersebut membawa resolusi 2340 x 1080 piksel dengan kerapatan 425 ppi yang berarti sangat tajam. Tak lupa Samsung melengkapinnya dengan menghadirkan kecepatan refresh maksimum mencapai 120Hz dan touch sampling rate 240Hz. Layar datar pada ponsel ini juga mendukung HDR10+ sehingga kualitas tampilan konten video yang kamu tonton akan selalu terlihat bagus.

Menariknya lagi Samsung menciptakan fitur baru bernama Vision Booster yang dirancang untuk meningkatkan hal-hal seperti kontras dan saturasi warna dalam kondisi sangat terang atau redup. Samsung Galaxy S22 membawa sensor sidik jari di bawah layar atau in display dengan tipe ultrasonic sehingga tingkat responsibilitasnya tidak perlu diragukan lagi.

3. Kinerja Dijamin Oke

Galaxy S22 adalah salah satu ponsel pertama yang menggunakan chip Snapdragon 8 Gen 1 milik Qualcomm yang baru. Pada perangkat ini ia kombinasikan dengan RAM 8GB dan penyimpanan 128GB. Jika tidak keberatan membayar 1 juta lagi, maka kamu sudah bisa mendapatkan versi penyimpanan internal 256GB dengan kapasitas RAM 8GB.

Performa gaming adalah sorotan lain dari chipset yang digunakan pada jajaran Galaxy S22. Menurut Qualcomm, GPU Adreno terbarunya menawarkan performa rendering 30 persen lebih cepat dan mengonsumsi daya 25 persen lebih sedikit. Dengan perpaduan antara peningkatan kinerja dan fitur-fitur baru, Snapdragon 8 Gen 1 menawarkan tampilan yang menarik pada flasghip Android generasi berikutnya.

4. Sensor Kamera Andalan

Kekurangan dan Kelebihan Samsung Galaxy S22 yang Harus Kamu Tau

Samsung menjagokan fitur kamera baru seperti Adaptive Pixel dan peningkatan Nightography. Galaxy S22 memiliki kamera utama 50MP, ultra-wide 12MP, dan telefoto 10MP. Dengan pixel bined, maka kamera utamanya mengambil gambar yang kamu potret dengan resolusi 12MP.

Meskipun kamera telephoto Galaxy S22 turun dari 64MP pada Galaxy S21 ke 10MP saat ini, namun Samsung menjajikan zoom optic 3x lebih baik dari hasil foto yang lebih menarik. Untuk selfie atau video call dan keperluan lain yang menggunakan kamera depan, Samsung Galaxy S22 menawarkan resolusi 10MP dengan aperture f/2.2 dan bidang pandang 80 derajat.

5. Software Terupdate

Galaxy S22 memulai debutnya dengan user interface Samsung One UI 4.1 untuk Android 12. Jika kamu sudah biasa menyukai literasi sebelumnya dari Samsung One UI, edisi ini akan semakin menyenangkan terutama karena Samsung menyebutkan bahwa mereka telah menambahkan fitur kustomisasi dan privasi.

Selain itu, ada peningkatan yang sangat menjajikan dari jajaran Galaxy S22. Pasalnya, Samsung menyediakan pembaruan software selama 4 tahun berturut-turut dan dukungan keamanan 5 tahun untuk penggunanya.

Itu dia ulasan lengkap produk terbaru dari Samsung yakni Samsung Galaxy S22 yang bisa kamu jadikan suatu pertimbangan dalam membeli ponsel ini.