Home » Kekurangan dan Kelebihan iQOO 11 5G Terlengkap

Kekurangan dan Kelebihan iQOO 11 5G Terlengkap

iQOO secara resmi melakukan debutnya di Indonesia pada 8 Desember 2022. Smartphone yang mereka luncurkan pun tak tanggung-tanggung. Adalah iQOO 11 5G, salah satu smartphone pertama di dunia dengan SoC Snapdragon 8 Gen 2 bikinan Qualcomm.

Buat yang belum familiar dengan iQOO, ini adalah submerek dari Vivo. Jika Vivo mengutamakan kemampuan fotografi dan videografi, iQOO berfokus pada performa. Untuk diketahui, iQOO merupakan singkatan dari i Quest On and On, atau yang secara harfiah bermakna keinginan untuk terus berinovasi.

Sorotan utama ponsel ini pastinya adalah performanya. Namun demikian, ia adalah smartphone gaming yang unik, beda dari yang lain. Ada beragam kelebihan yang dimilikinya dan bisa jadi tidak kamu temui pada ponsel pesaing. Berikut adalah penjelasan kekurangan dan kelebihan iQOO 11 5G.

Spesifikasi iQOO 11 5G

Kekurangan dan Kelebihan iQOO 11 5G Terlengkap

  • Layar: LTPO AMOLED 6.78 inci
  • Chipset: Qualcomm Snapdragon 8 Gen 2
  • RAM: 16 GB
  • Memori Internal: 256 GB
  • Kamera: 50 MP (wide) 8 MP (ultrawide) 13 MP (telephoto)
  • Baterai: Li-Po 5000 mAh

Kekurangan iQOO 11 5G

iQOO 11 5G tentu saja bukan smartphone yang sempurna meskipun punya berbagai kelebihan. Beberapa catatan di bawah ini merupakan kekurangannya. Oleh sebab itu, kamu perlu memperhatikannya dengan saksama.

1. Tidak Ada IP Rating dan Proteksi Layar

iQOO 11 5G tidak memiliki IP rating, baik itu IP53, IP54, ataupun IP67. Oleh sebab itu, kamu perlu berhati-hati saat menggunakan HP agar tidak terhindar dari insiden yang tak diinginkan. Jangan sekali-kali menceburkan HP ini ke dalam bak mandi atau iseng mencucinya di wastafel.

Selain tidak ada jaminan selamat saat terkena debu dan air, iQOO 11 5G tidak dikonfirmasi menggunakan kaca pelindung apa di bagian depannya. Artinya, tidak ada pula jaminan seberapa kuat layar si ponsel ketika menghadapi goresan dan benturan. Untungnya iQOO membekali HP ini dengan screen protector pada paket penjualannya.

2. Kualitas Kamera yang Timplang

Kekurangan dan Kelebihan iQOO 11 5G Terlengkap

Kualitas jepretan foto dan perekaman video iQOO 11 5G secara umum sudah bagus. Bahkan jika dibandingkan dengan seluruh HP gaming, ponsel ini tetap yang paling oke. Hanya ada dua hal yang dikeluhkan oleh banyak penguji. Pertama adalah inkonsistensi warna.

Jepretan foto kamera utama, kamera ultrawide, kamera tele, dan kamera selfie seringkali memiliki temperatur yang berbeda. Ada yang terlihat alami, jenuh (saturated), dan agak kurang nendang. iQOO mesti memperbaiki masalah ini lewat update software.

Masalah kedua yang ada pada Kamera HP ini adalah tidak adanya perekeman video dengan frame rate 60 fps di kamera depan. Kemampuan ini padahal penting khususnya untuk content creator yang suka ngevlog di platform IG Reels, Youtube Short, dan TikTok.

3. Absennya Tombol Trigger Khas HP Gaming dan Display Out

Pada umumnya, HP gaming dibekali dengan dua tombol ekstra di frame sebelah kanan. Entah itu wujudnya tombol virtual atau fisik, fungsinya sama yakni menambah opsi untuk melakukan aksi tertentu pada sebuah game.

Fitur ini tentu bisa menambah kenyamanan para gamer, terutama bagi kamu yang suka bermain gim tembak-tembakan (first person shooter) semacam PUBG Mobile. Fitur ini tidak dimiliki oleh iQOO 11 5G. Sebagai gantinya, iQOO menyematkan fitur presurre sensitive screen.

Kelebihan iQOO 11 5G

iQOO 11 5G menawarkan ponsel dengan performa yang kencang, tetapi kelebihannya tidak hanya di sektor performanya saja. Ada juga beberapa kelebihan dari pinsel flagship tersebut dengan fitur fitur terbarunya.

1. Chipset Snapdragon 8 Gen 2

Kekurangan dan Kelebihan iQOO 11 5G Terlengkap

iQOO 11 5G menggunakan chipset terbaru dari Qualcomm, yaitu Snapdragon 8 Gen 2. Chip ini dibangun proses fabrikasi 4nm dari TSCM dan pada perangkat iQOO 5G menawarkan efisiensi kinerja hingga 40 persen.

Snapdragon 8 Gen 2 memiliki 8 CPU yang terdiri dari 1 Cortex-X3 dengan kecepatan clock 3.2GHz, 2 Cortex-A715 pada 2.8 GHz, 2 Cortex-A710 yang memiliki kecepatan clock 2.8 GHz, dan 3 buah Cortex-A510 dengan kecepatan 2.0 GHz. Pada iQOO 11 5G chip ini diklaim oleh perusahaan mencapai skor 1.323.820 pada AnTuTu Benchmark.

2. Kamera 50 MP dengan 4K Super Night Video

Kekurangan dan Kelebihan iQOO 11 5G Terlengkap

iQOO 11 5G dibekali tiga kamera di belakang, dengan konfigurasi kamera utama 50 MP yang didukung oleh fitur OIS, kamera telephoto dan potrait 13 MP yang bisa digunakan untuk mengambil objek dari jarak jauh. Lalu, ada kamera ultrawide 8MP.

Di bagian depan iQOO 11 5G memiliki kamera 16 MP yang bisa dimanfaatkan pengguna untuk swafoto ataupun video call. iQOO juga menyediakan fitur 4K Super Retina Night Video yang bisa digunakan ketika mengambil video ketika malam degan hasil yang cukup baik.

3. Pengisian Daya Cepat 120W

iQOO 11 5G menggunakan baterai berkapasitas yang cukup besar untuk membuat perangkat ponsel tersebut bisa tetap berjalan dalam waktu yang lebih lama. Baterai berkapasitas 5000 mAh disematkan di smartphone flagship ini.

Karena perangkat ini memiliki baterai dengan ukuran besar, tampaknya iQOO sadar karena pada umumnya membutuhkan waktu yang cukup lama untuk mengisi daya perangkat iQOO 11 5G.

4. Punya IR Blaster dan NFC Multifungsi

Kekurangan dan Kelebihan iQOO 11 5G Terlengkap

Infrared (IR) blaster bukanlah fitur yang eksklusif dimiliki oleh HP Xiaomi saja. Fitur ini juga dapat kamu jumpai di beberapa ponsel keluarga Vivo. Misalnya Vivo X70 Pro dan iQOO 11 5G ini. Fungsi IR blaster adalah untuk mengendalikan perangkat elektronik seperti televisi dan pendingin udara.

Dengan fitur ini, iQOO 11 5G pun bisa bertindak sebagai remote segala macam alat elektronik. Fitur fungsional lainnya yang ada pada HP ini adalah NFC multifungsi. Fitur ini bukan sembarangan NFC biasa. Sebab selain bisa dipakai untuk transaksi non-tunai, NFC multifungsi dapat digunakan untuk mengemulasi kredensial kartu akses.

Nah itu tadi penjelasan mengenai kekurangan dan kelebihan dari smartphone iQOO 11 5G. Apakah kamu tertarik untuk membeli?