Home » Kekurangan dan Kelebihan iPad 2022 yang Wajib Kamu Tahu

Kekurangan dan Kelebihan iPad 2022 yang Wajib Kamu Tahu

Kekurangan dan Kelebihan iPad 2022 yang Wajib Kamu Tahu

Apple memperkenalkan iPad generasi ke 10 pada Oktober 2022. Pada iPad kali ini, Apple menghadirkan chipset yang lebih kencang dan konektivitas yang lebih baik dibanding iPad seri sebelumnya.

Kehadiran iPad 2022 ini tentu menjadi daya tarik para konsumen Apple yang butuh perangkat kerja yang ringkas dan produktif. Pasalnya, dalam iPad generasi ke 10 ini, terdapat sejumlah peningkatan spesifikasi. Selain itu, Apple juga menghadirkan sejumlah aksesoris baru mulai keyboard hingga pensil.

Nah, pertanyaannya, apa saja kekurangan dan kelebihan iPad 2022 ini? Simak artikel ini sampai habis.

Spesifikasi iPad 2022

Kekurangan dan Kelebihan iPad 2022 yang Wajib Kamu Tahu

  • Layar: Liquid Retina IPS LCD 10.9 inci
  • Chipset: Apple A14 Bionic
  • RAM: 4 GB
  • Memori Internal: 64 GB, 256 GB
  • Kamera: 12 MP (wide)
  • Baterai: Li-Ion mAh

Kekurangan iPad 2022

Ada beberapa hal yang mesti kamu perhatikan terhadap iPad 2022. Hal tersebut bisa saja menjadi sebuah kekurangan. Simak selengkapnya berikut ini.

1. Layar Minim Ubahan

Layar menjadi salah satu daya tarik dalam setiap seri iPad. Nah, untuk seri iPad 2022, kamu akan menemukan layar berukuran 10,9 inci dengan teknologi True Tone dan Liquid Retina Display. Layar ini sedikit lebih lebar dibanding seri sebelumnya yang hanya 10,2 inci. Walaupun lebar, namun masih ideal untuk penggunaan harian.

Sedikit disayangkan, layar yang lebar ini hanya memiliki kecerahan layar 500 nits saja. Alhasil ketika meggunakan di tempat yang terang, apalagi dibawah sinar matahari, tampilan layar kurang terlihat. Secara garis besar, layar iPad Gen 10 ini tidak banyak berubah dibandingkan layar iPad Gen 9 dan iPad Air 5.

2. Aksesoris Pensil Sedikit Rumit

Kekurangan dan Kelebihan iPad 2022 yang Wajib Kamu Tahu

iPad 2022 ini bisa digunakan bersama Apple Pencil Gen 1. Sayangnya, pensil ini sedikit merepotkan ketika akan digunakan. Kamu tentu akan kesulitan menempatkan pensil ini. Hal ini disebabkan pensil tidak bisa menempel ke bodi iPad sehingga mudah hilang.

Selain itu, untuk mengisi baterai pensil, kamu harus menggunakan konektor tambahan karena pensil Gen 1 ini masih menggunakan port tipe lightning. Hal ini tentu terasa merepotkan meski dalam penjualan sudah disertakan konektor tambahan tersebut.

3. Tidak Ada Headphone Jack

iPad memang dirancang sebagai tablet untuk kerja dan hiburan. Maka dari itu, perangkat ini dibekali konektivitas yang cukup lengkap mulai jaringan 5G, WiFi, dan Bluetooth.

Sayangnya, dalam iPad generasi ke 10 ini, Apple menghilangan fitur headphone jack. Padahal, itu memudahkan pengguna mendengar suara yang lebih jelas dari iPad melaui earphone atau headphone.

4. Konektivitas 5G yang Kurang Optimal

Kekurangan dan Kelebihan iPad 2022 yang Wajib Kamu Tahu

Dalam iPad Gen 10 ni, Apple menghadirkan konektivitas 5G. Hal ini menjadikan iPad 2022 sbagai iPad pertama yang memiliki konektivitas 5G. Tentu, kamu akan berharap dapat menikmati internet kencang menggunakan iPad 2022.

Sayangnya, banyak pengguna yang lebih nyaman memakai iPad dengan jaringan WiFi. Apalagi, penyebaran jaringan 5G juga masih belum merata dan stabil.

Kelebihan iPad 2022

Ada empat poin kelebihan yang kami temukan pada iPad 2022. Empat poin itu merupakan kekuatan utama dari iPad ini. Apa saja itu? Berikut penjelasannya.

1. Daya Tahan Baterai Panjang

iPad Gen 10 ini kabarnya dibekali baterai dengan kapasitas yang tidak jauh berbeda dengan iPad Gen 9. Kapasitas tersebut memang biasa saja untuk standar perangkat mobile masa kini. Namun, Apple mengklaim bahwa seri ini memiliki baterai dengan daya tahan yang sesuai kebutuhan pengguna.

Adapun Apple menyematkan iPad 202 dengan teknologi pengisian cepat 20W dan port USB tipe c. Menariknya, menurut Tomsguide, ubahan port ini memberikan dampak pengecasan yang lebih baik.

Pasalnya, ketika diisi daya, iPad Gen 10 ini hanya membutuhkan waktu 30 menit untuk mengisi baterai 0 hingga 26%. Sementara itu, kala mengisi daya iPad Gen 9 dengan port lightning hanya terisi 19% saja dalam waktu 30 menit.

2. Desain Lebih Modern

Kekurangan dan Kelebihan iPad 2022 yang Wajib Kamu Tahu

Untuk produk ini, Apple mendesain ulang bagian tepi layar, sehingga lebih kecil. Selain itu, Apple juga menghilangkan tombol home. Alhasil Touch ID dan sensor sidik jarinya berpindah tempat ke tombol power yang ada di bodi samping. Ubahan ini diharapkan membuat tablet lebih minimalis dan lebih nyaman digunakan.

Untuk area belakang, Apple juga menggunakan bodi aluminium yang diklaim kuat dan nyaman digenggam. Di bagian bodi belakang ini juga terdapat sebuah kamera yang sedikit menonjol ditemani lampu LED Flash. Di bagian tengah bodi juga terdapat logo Apple yang khas.

Desain bodi tablet ini kian menarik dengan rangka aluminium tepian datar khas iPad dan iPhone. Apple juga mengubah posisi speaker agar lebih baik dalam menghasilkan audio. Sejumlah ubahan ini memang dimaksudkan agar iPad lebih nyaman digunakan dalam mode landscape.

3. Chipset Apple A14

Tidak seperti saudaranya, seri iPhone 14 yang menghadirkan dapur pacu dengan chipset terbaru, Apple iPad 2022 justru masih memakai chipset Apple A14 Bionic.

Walaupun seri lama, chipset ini masih cukup kencang dan mumpuni untuk multitasking dan bermain game. Bahkan chipset ini masih setara dengan beberapa chipset premium yang biasa digunakan di HP Android.

4. Sistem iPadOS 16 Kaya Fitur

Kekurangan dan Kelebihan iPad 2022 yang Wajib Kamu Tahu

Apple memperkenalkan sistem operasi baru bernama iPadOS sejak 2019. Ini merupakan sistem operasi hasil perkembangan dari iOS yang khusus untuk produk iPad. Hadirnya sistem ini diharapkan membuat perangkat iPad bisa semakin mudah untuk mlakukan multitasking. Pasalnya, sistem ini menghadirkan sistem antarmuka yang berbeda dan diklaim mirip komputer.

Untuk mempermudah pekerjaan, Apple juga terus membenahi fitur multitasking. Kali ini, kamu bisa menggunakan aplikasi layar ganda dan menutupnya dengan menggeser ke samping. Ada juga mode split view dan mode jendela tengah yang bisa membantu kamu untu bekerja dalam beberapa aplikasi sekaligus.

Nah, itu tadi kekurangan dan kelebihan iPad 2022 yang busa kamu jadikan sebagai bahan referensi sebelum memutuskan membeli iPad canggih ini.